Beranda Berita Nasional Selama Libur Nataru, Polresta Bandung Terjunkan 950 Personel

Selama Libur Nataru, Polresta Bandung Terjunkan 950 Personel

Kapolresta-Bandung-Kusworo-Wibowo.jpeg

harapanrakyat.com,- Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polresta Bandung menerjunkan sedikitnya 950 personel kepolisian di wilayah hukumnya.

Selain menyiagakan personel kepolisian di gereja tempat pelaksanaan Natal, demikian halnya juga dengan rute dan ruas jalan menuju objek wisata di Kabupaten Bandung.

Penempatan personel kepolisian itu untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak beribadah dan memanfaatkan libur Nataru.

Baca Juga : Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar Jaga Ketat 72 Objek Vital di Bandung Raya

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menjelaskan, Polresta Bandung telah menyiagakan 24 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan selama libur Natal dan tahun baru ini.

“Sebanyak 24 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan di Nagreg dan Ciwidey untuk melayani masyarakat,” ucap Kapolresta Bandung.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Selain menyiagakan pos pengamanan dan pelayanan selama libur Nataru, pihaknya juga mengaku menyiapkan pom mini mobile. Tujuannya, lanjut Kapolresta, membantu masyarakat yang kehabisan bahan bakar saat melakukan perjalanan.

“Masyarakat yang bahan bakarnya habis saat perjalanan, bisa menelepon ke 110 di Polresta Bandung. Kami akan mengantarkan BBM (bahan bakar minyak) ke lokasi pengendara yang kehabisan bensin itu,” ungkap dia.

Selain mengoptimalkan personel kepolisian dalam menjaga keamanan jelang Natal dan libur Tahun Baru 2023 ini, Kusworo pun mengajak peran serta masyarakat turut menjaga keamanan lingkungannya.

Dia mengimbau warga untuk memperhatikan beberapa hal ketika hendak meninggalkan rumah saat memanfaatkan libur Nataru. Pastikan kondisi rumah sudah terkunci, baik pintu maupun jendela sudah terkunci rapat.

Baca Juga : Sopir Truk di Bandung Terkena Serangan Jantung, Ditemukan Meninggal

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Pastikan juga kabel-kabel listrik dan selang gas sudah aman untuk menghindari potensi terjadinya kebakaran. Selain itu, berkoordinasi dengan pengurus wilayah setempat jika meninggalkan rumah dalam keadaan tidak berpenghuni,” ucap dia.

Selain itu, lanjut Kusworo, yang tidak kalah penting saat di perjalanan. Pastikan kendaraan dan kelengkapan surat kendaraan lengkap. Kemudian, pastikan juga kondisi pengemudi dan penumpangnya dalam keadaan sehat.

“Jangan sampai pengemudi memaksakan diri saat sudah mengantuk. Lebih baik beristirahat terlebih dahulu di rest area untuk menghindari hal-hal buruk selama perjalanan,” ucap Kusworo.

72 Objek Vital Dijaga Saat Libur Nataru

Sebelumnya, kepolisian juga akan menjaga ketat 72 objek vital di wilayah Bandung raya dan sekitarnya menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Polda Jabar akan menerjunkan ribuan personel kepolisian untuk melakukan penjagaan di beberapa lokasi vital, tempat ibadah, serta lokasi wisata. Penjagaan tersebut untuk menjaga kondusifitas di Jabar, khususnya di wilayah Bandung raya dan sekitarnya.

Baca Juga : Objek Wisata di Kabupaten Bandung Masih Banyak Belum Berizin

Direktur Ditpamobvit Polda Jabar, Kombes M. Hidayat mengatakan, Sat Samapta Polda Jabar melalui Pam Obvit Jabar, akan membagi dan menempatkan para personel kepolisian ke beberapa lokasi.

“Sedikitnya ada 72 objek vital yang akan kita lakukan pengamanan, termasuk di objek wisata, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan saat libur Nataru tahun ini. Kami lakukan untuk menjaga situasi kamtibmas, baik saat Natal maupun malam pergantian tahun” ucap Hidayat di Kota Bandung. (Ecep/R13/HR-Online)