Beranda Berita Nasional Sungai Cimanuk Meluap, Jembatan Penghubung di Garut Putus, 1 Kampung Terendam Banjir

Sungai Cimanuk Meluap, Jembatan Penghubung di Garut Putus, 1 Kampung Terendam Banjir

Banjir.jpg

harapanrakyat.com,- Akibat tergerus luapan Sungai Cimanuk, jembatan penghubung di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terputus total.

Selain memutus jembatan, luapan air sungai juga menyebabkan wilayah Desa Giriawas tergenang banjir.

Jembatan tersebut merupakan akses penghubung masyarakat Desa Giriawas menuju ke kota Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Putusnya jembatan permanen yang berada di Kampung Margaluyu, Desa Giriawas itu membuat masyarakat harus memutar melewati jalan lain untuk bisa menuju kota kecamatan.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Banjir Luapan Sungai Citarum Kembali Terjang Dayeuhkolot Bandung

Andri, relawan kebencanaan setempat mengatakan, jembatan penghubung di Cikajang itu putus akibat tergerus debit air Sungai Cimanuk yang meluap.

Selain menyebabkan jembatan ambruk, terdapat perkampungan yang terdampak banjir luapan Sungai Cimanuk. “Lokasi banjir yang menggenangi pemukiman warga berada di Kampung Cibokor, Desa Giriawas,” kata Andri, Jumat (16/12/2022)..

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Kapolsek Cikajang, AKP Adnan mengatakan, pihaknya telah mengirim personil ke lokasi jembatan yang putus.

“Anggota sedang di TKP. Betul, jembatan penghubung itu putus, tapi ada akses lain, sehingga warga yang akan menyeberang harus berputar arah ke jalur lain,” terang AKP Adnan.

Jembatan Giriawas di Cikajang, Kabupaten Garut memiliki panjang sekitar 3-4 meter. Seluruh badan jembatan ambruk terbawa arus Sungai Cimanuk. (Pikpik/R3/HR-Online/Editor-Eva)