Beranda Berita Nasional Viral Video Mobil Damkar Ciamis Mundur, Begini Kronologinya

Viral Video Mobil Damkar Ciamis Mundur, Begini Kronologinya

Viral-Video-Mobil-Damkar-Ciamis-Mundur-Begini-Kronologinya.jpg

Harapanrakyat.com,- Viral video memperlihatkan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Ciamis mundur dan hampir menabrak pengguna jalan pada Kamis (15/12/2022) siang.

Kejadian tersebut berlokasi di tanjakan Jl. R.E. Martadinata No.158B, Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kasatpol PP Kabupaten Ciamis, Uga Yugaswara membenarkan, kejadian dalam video yang beredar tersebut berlokasi Jl. R.E. Martadinata No.158B, Kecamatan Baregbeg.

“Alhamdulilahnya tidak ada korban jiwa pada saat kejadian,” terangnya saat dikonfirmasi HR Online via sambungan telepon.

Kronologinya, Uga menceritakan, peristiwa tersebut berawal dari adanya laporan warga, di mana terdapat tumpahan minyak di sepanjang jalan R.E. Martadinata.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Karena membahayakan pengendara, petugas Damkar turun ke lokasi untuk membersihkan tumpahan minyak tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga : Damkar Banjarsari Ciamis Evakuasi Sarang Tawon Berukuran Jumbo

Ketika petugas sampai di lokasi, seperti laporan warga terdapat tumpahan minyak di sepanjang jalan tersebut dan lokasinya berada di tanjakan.

Sayangnya, di tanjakan tersebut tidak terdapat tempat parkir yang datar, sehingga petugas terpaksa memarkirkan kendaraan di jalan yang menanjak.

“Kendaraan parkir dengan posisi menanjak. Sesuai SOP, petugas mengganjal atau memblok ban mobil,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Viral Video Mobil Damkar Mundur Saat Parkir

Setelah mobil terparkir, lanjut Uga, para petugas menyalakan mesin air untuk membersihkan minyak yang tumpah di jalan tersebut.

“Ketika petugas menyemprotkan air, otomatis beban di dalam mobil akan berkurang yang mengakibatkan ganjalan blok terlepas,” lanjutnya.

“Seperti dalam video yang beredar, karena ganjalannya lepas mobil pun mundur dan hampir menabrak pengguna jalan,” ungkapnya.

Menurut Uga, perihal kenapa sopir mobil damkar tidak menggunakan rem tangan saat terparkir di tanjakan, sehingga menyebabkan mobil mundur.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Hal itu karena, ketika mesin air menyala posisi rem tangan tidak bisa difungsikan, sebab gardan harus berputar terus untuk memompa air ke luar,” ujarnya.

Pihaknya pun memohon maaf atas peristiwa tersebut, karena mengakibatkan pengguna jalan terganggu dan hampir terjadi kecelakaan.

Dengan viralnya video mobil Damkar Ciamis mundur dan peristiwa tersebut hampir menyebabkan kecelakaan menjadi pelajaran untuk petugas.

“Kejadian tadi siang menjadi pelajaran berharga kepada kami  para petugas Damkar Ciamis untuk lebih berhati-hati ketika bertugas.” Pungkasnya. (Fahmi/R12/HR-Online/Editor-Rizki)