Beranda Berita Nasional ATCS Masih Proses, Dishub Kota Banjar: Akhir Tahun Bisa Digunakan

ATCS Masih Proses, Dishub Kota Banjar: Akhir Tahun Bisa Digunakan

Kepala-Dishub-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Dinas Perhubungan Kota Banjar, Jawa Barat, masih melakukan proses pemasangan Area Traffic Control Sistem (ATCS) untuk pemantauan arus lalu lintas.

Rencananya, pengerjaan ATCS tersebut akan rampung pada akhir bulan Desember ini dan bisa difungsikan untuk pemantauan arus lalu lintas saat Natal dan tahun baru 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Asep Sutarno mengatakan, saat ini pengerjaanya sudah mencapai 70 persen lebih.

“Saat ini (ATCS) masih proses pengerjaan, mudah-mudahan bisa secepatnya selesai. Yang kita harapkan di akhir tahun ini bisa digunakan,” kata Asep Sutarno kepada harapanrakyat.com, Senin (12/12/2022).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Jembatan Parungsari Diperbaiki, Dishub Kota Banjar Buka Tutup Lalin

Asep menjelaskan, fungsi ATCS tersebut untuk memantau aktivitas pengendara di jalan raya. Nantinya aktivitas pengendara akan terlihat langsung oleh petugas di ruang operator.

“Selain untuk memantau kepadatan arus lalu lintas, ATCS juga bisa memberikan imbauan kepada para pengguna jalan yang melanggar seperti tidak menggunakan helm. Itu nanti ada operator khusus,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Menurutnya, ada 4 titik lokasi persimpangan yang sudah dipasang kamera. Diantaranya, simpang 3 Jembar, simpang 4 Alun-alun, simpang 3 Gardu, dan simpang 4 Tanjungsukur.

“Untuk APILL nya juga sudah diganti, jadi nanti bisa dioperasikan oleh operator dari sini untuk mengatur arus lalu lintas,” paparnya.

Lanjut Asep, selain kamera ATCS ada juga kamera CCTV yang berfungsi hanya untuk memantau kondisi arus lalu lintas saja.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Kemudian di setiap persimpangan akan dipasang 16 unit kamera pantau, itu di luar kamera ATCS dan APILL Smart,” imbuhnya.

Sementara itu, Asep menambahkan, anggaran pengadaan Area Traffic Control Sistem itu bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) sebesar Rp 30 miliar dan Rp 3,6 miliar untuk Penerangan Jalan Umum (PJU). (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)