Beranda Berita Nasional Komisi A DPRD Ciamis Soroti Seleksi Direksi dan Dewan Pengawas BPR Galuh

Komisi A DPRD Ciamis Soroti Seleksi Direksi dan Dewan Pengawas BPR Galuh

IMG_20221212_192833_soZU7IuT8b.jpeg

harapanrakyat.com,- Anggota Komisi A DPRD Ciamis menyoroti seleksi terbuka Perusahaan Umum Daerah (Perumda) BPR Galuh oleh Pemkab Ciamis. Seleksi tersebut untuk mengisi jabatan direksi dan dewan pengawas BPR Galuh.

Oih mengatakan Pemkab Ciamis saat ini tengah membuka seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan pada Perumda BPR Galuh. Ia pun mendorong Pemkab Ciamis untuk lebih selektif dalam mengisi kekosongan tersebut.

“Harus benar-benar selektif dalam melakukan perekrutan bagi calon anggota direksi maupun dewan pengawas BPR Galuh. Pelaksanaannya harus benar-benar profesional, tujuannya untuk kemajuan Perumda itu sendiri,” ungkap Oih Burhanudin, Senin (12/12/2022).

Oih mengingatkan Pemkab Ciamis harus lebih ketat lagi dalam melakukan seleksi dalam mengisi kekosongan tersebut. Jangan sampai kondisi yang terjadi pada Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Cidolog terjadi pada BPR Galuh.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Terjadi kerugian besar pada LKM Cidolog Ciamis. Ini harus benar- benar menjadi cerminan bagi Badan usaha milik daerah (BUMD) lainnya,” terang Oih.

Oih pun menyoroti adanya dewan pengawas internal BPR Galuh yang saat ini sudah tak lagi sebagai ASN Pemkab Ciamis. Sehingga Oih menilai pengawasan tidak akan berjalan optimal.

Baca Juga: Pemkab Ciamis Buka Seleksi Calon Direksi dan Pengawas Perumda BPR Galuh

“Menurut Permendagri Nomor 37 tahun 2018 sesuai pasal 6 huruf (e) isinya yaitu dewan pengawas atau komisaris harus menyediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan tugas,” ungkapnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Untuk itu, Oih pun meminta Pemkab Ciamis untuk mengevaluasi kinerja dewan pengawas internal tersebut. Mengingat saat ini yang bersangkutan sudah menjadi ASN Pemerintah Pusat dan tidak bertugas lagi di Ciamis.

Tanggapan Pemkab Ciamis Soal Seleksi Direksi dan Dewan Pengawas BPR Galuh

Asisten Daerah II Bidang Perekonomian Setda Ciamis Aef Saefuloh membenarkan hal tersebut. Pemkab Ciamis saat ini sedang melaksanakan seleksi terbuka calon direksi dan dewan pengawas Perumda BPR Galuh Ciamis.

“Tahapan pelaksanaan kita selenggarakan secara terbuka bagi masyarakat umum dan kami laksanakan secara profesional,” katanya.

Pengumuman pembukaan seleksi mulai 7 September 2022. Tahapannya yaitu kelengkapan administrasi kemudian Uji Kepatutan dan kelayakan (UKK) dengan menggandeng akademisi.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Setelah pelaksanaan UKK nantinya para pendaftar akan melaksanakan seleksi lanjutan bersama OJK. Mengingat perumda ini merupakan lembaga keuangan,” terangnya.

Aep mengatakan seleksi anggota direksi dan dewan pengawas BPR Galuh ini berpedoman terhadap perundang-undangan dan ketentuan berlaku.

“Siapa pun yang nanti lolos dalam seleksi harus fokus dan tanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya,” harapnya.

Aef pun menegaskan pihaknya saat ini melakukan evaluasi terhadap dewan pengawas internal yang kini tak lagi bertugas sebagai ASN Ciamis.

“Sekarang kami melakukan evaluasi dan kebijakan pemberhentian atau lanjutnya ASN tersebut sebagai dewan pengawas kita kembali lagi kepada aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online)