Beranda Berita Nasional 22 Warga Mengungsi Akibat Banjir, BPBD Kota Banjar Sebut Tak Ada Korban...

22 Warga Mengungsi Akibat Banjir, BPBD Kota Banjar Sebut Tak Ada Korban Jiwa

22-Warga-Mengungsi-Akibat-Banjir-BPBD-Kota-Banjar-Sebut-Tak-Ada-Korban-Jiwa.jpg

harapanrakyat.com,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat, menyebut sebanyak 22 warga mengungsi akibat bencana banjir.

Setidaknya, banjir akibat luapan air sungai yang terjadi pada Selasa (25/10/2022) malam itu merendam puluhan rumah di tiga titik lokasi di Kota Banjar.

Sehingga akibat dari bencana banjir tersebut, membuat warga tidak bisa beraktivitas. Pasalnya, air masuk kedalam rumah yang tingginya mencapai 1 meter lebih.

Daerah yang Paling Banyak Mengungsi Akibat Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi mengatakan, 22 warga yang dievakuasi tersebut merupakan warga yang rumahnya terdampak paling parah dalam bencana banjir luapan sungai.

Dari jumlah warga yang mengungsi tersebut tersebut, 13 orang di Dusun Karangsari, Desa Batulawang. Kemudian, 6 orang terdampak banjir di Desa Mekarharja dan 3 warga di Pulomajeti.

“Semuanya ada 22 warga terdampak banjir luapan air sungai yang kami lakukan evakuasi. Sedangkan yang paling banyak itu warga terdampak banjir di Batulawang,” kata Kusnadi kepada HR Online, Rabu (26/10/2022).

BACA JUGA:  Apotek di Kota Banjar Diimbau Patuhi Aturan Penjualan Obat Sirup

Baca Juga: Rumah Terendam Banjir, Puluhan Warga Batulawang Kota Banjar Diungsikan

Lanjutnya menyebutkan, warga yang mengungsi akibat terdampak banjir luapan air sungai paling banyak terjadi di Dusun Karangsari Desa Batulawang, yaitu sebanyak 32 rumah. Sedangkan 13 warga mengungsi karena terkena dampak banjir yang cukup parah.

Meski begitu, Kusnadi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir luapan sungai maupun bencana alam lain, akibat hujan deras yang terjadi Selasa malam.

“Cuma tadi di Batulawang ada orang sakit yang kami evakuasi. Sedangkan untuk bantuan warga terdampak itu dari Dinas Sosial,” katanya.

Selain bencana banjir, berdasarkan data laporan pihaknya mencatat sejumlah kejadian bencana alam yang terjadi akibat hujan deras. Antara lain bencana pohon tumbang dan longsor jalan raya di wilayah Bangunharja.

BACA JUGA:  Mobil Travel Ciamis Kecelakaan di Tol Cipali, 3 Penumpang Luka-luka

“Hujan deras tadi malam selain banjir luapan sungai, ada juga kejadian pohon tumbang dan tanah longsor. Saat ini kami masih melakukan siaga antisipasi ketika nanti terjadi hujan deras,” ucapnya.

Distribusi Bantuan 

Terpisah, Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar, Suryamah melalui Kabid Perlindungan Sosial, Hani Supartini mengatakan, pihaknya langsung menyalurkan bantuan sosial paket sembako untuk warga terdampak banjir.

Bantuan sosial berupa paket sembako tersebut kepada warga Dusun Karangsari Desa Batulawang, Pulomajeti, dan warga terdampak banjir di Desa Mekarharja.

Baca Juga: Polisi dan BPBD Evakuasi Bayi dan Lansia Korban Banjir di Kota Banjar

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan menyiapkan tenda darurat antisipasi banjir susulan di lokasi terdampak banjir luapan sungai di Pulomajeti.

BACA JUGA:  Sungai Ciputerahaji Meluap, Puluhan Rumah di Ciamis Terendam Banjir

“Kami sudah siapkan bantuan paket sembako untuk warga yang terkena dampak banjir. Sekarang ini kita juga tengah lakukan penyaluran bantuan ke lokasi banjir Batulawang,” katanya.

Polres Kota Banjar Terjunkan Personel Bantu Warga Mengungsi Akibat Banjir

Sementara itu, Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan sejumlah personelnya untuk membantu BPBD melakukan proses evakuasi warga.

“Polres Kota Banjar bersama BPBD terjun langsung membantu proses evakuasi warga, terutama bayi dan lansia dengan menggunakan perahu karet. Mereka kita pindahkan ke lokasi yang lebih aman,” kata AKBP Bayu Catur Prabowo, Rabu (26/10/2022).

Selain membantu warga mengungsi akibat banjir, pihaknya juga memberikan 20 paket bantuan sosial. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)